-->

Prinsip Dasar Teori Anak Dalam Permainan Catur

Teori Anak Dalam Permainan Catur
Mengenal Fungsi dan Karakter Anak atau Pion di Catur

Buah anak atau bisa disebut pion  dalam olahraga permainan catur sangat penting walaupun nilainya paling kecil karena pion, bidak paling lemah di catur.

kita sadar bahwa pion tidak sekuat buah yang lain tapi pion jumlahnya banyak untuk itu pion harus bersatu jika ingin mencapai tujuan. 


Dengan garis paling depan untuk posisi hitam fungsi pion membentuk garis pertahanan untuk melindungi rajanya dari serangan lawan, sekarang bagaimana jika di permaianan awal catur tidak ada pion? saya rasa susah untuk dibayangkan dan jika kita ingin serius belajar catur maka kita harus mengenal fungsi dari karakter anak atau pion itu sendiri. 

Prinsip Dasar Teori Anak atau Pion  di Permainan Catur :

  1. Pion bidak terlemah dengan point 1 artinya jika terjadi pertukaran buah antara hitam dan putih maka sebading dengan 1 anak lagi.
  2. Diawal permaianan pion berada di garis depan  pada baris ke 2 untuk posisi putih dan baris ke 7 untuk posisi hitam.
  3. Diawal permainan juga Kuasai petak pusat yaitu petak d dan e jika kita bermain terbuka
  4. Perhatikan sebelum melangkahkan pion karena pion tidak bisa mundur kembali    
  5. Pergerkannya pion lurus kedepan 1 langkah dan bisa 2 langkah di posisi awal buah anak ditempatkan setelah itu berjalan hanya 1 langkah, makannya kearah samping. 
  6. Pion yang mencapai petak promosi bisa di tukar dengan buah atau perwira yang anda inginkan contoh pion bisa jadi menteri atau benteng, tergantung dari tingkat kebutuhan di posisi permainan catur. 
Sampai disini mungkin sudah mengerti dan saya akan melanjutkan supaya anda mengenal dan paham betul tentang karakter pion atau anak di catur. 

Jenis - Jenis Nama Pion Dalam Istilah Catur Berdasarkan Posisi :
  1. Pion Beracun
  2. Pion Isolanus
  3. Pion I Love U
  4. Pion Gambit
  5. Pion Serangkai
  6. Pion Pusat    
  7. Pion Pinggir
  8. Pion Terpisah
  9. Pion Terjauh
  10. Pion Lemah
  11. Pion Terikat
  12. Bidak Raja
  13. Bidak Ratu
  14. Pion Terakhir


Karena Materi dari nama-nama pion itu banyak sekali maka saya akan membahasnya di artikel selanjutnya berikut video dan keterangan gambarnya dan untuk menjadi bahan pendukung dari artikel ini baca juga ini Apa Penyebab Anda Gagal Menjadi Master Catur dan jika ingin mengenal lebih jauh lagi dunia catur silahkan masuk di Link Catur ini. 


LihatTutupKomentar