-->

Prinsip Permainan Gajah Dalam Catur

Gajah dalam olahraga catur merupakan salah satu buah perwira ringan  dengan kode 'G' untuk bahasa Indonesia dan bahasa Asingnya Bishop dengan kode "B" kenapa disebut perwira ringan ? dalam buah catur selain anak dan raja dilengkapi dua perwira berat yaitu Menteri dan Benteng yang sudah dibahas di artikel sebelumnya dan dua perwira ringan salah satunya gajah dan kuda. 

Gajah dan kuda punya nilai yang sama artinya jika terjadi pertukaran antara  kuda dan gajah maka secara materi tidak ada yang dirugikan karena kedua buah itu mempunyai point yang sama dengan nilai 3. Jika anda serius ingin belajar catur maka disarankan mengetahui karakter dari buah-buah catur itu sendiri. Saya akan mengambil contoh sederhana dalam kehidupan sehari-hari, saya mau tanya jika anda mau menjual produk dagangan tapi sayangnya anda tidak mengenal produk yang akan di jual, apa itu barang akan laku terjual ? saya jawab mungkin tidak akan laku, begitu juga dalam permainan catur seandainya anda tidak mengenal karekter buah catur itu sendiri, saya tanya apa anda bisa mengusai permainan ini ? sampai disini mungkin sudah mengerti! ok. lanjut ke judulnya.


  1. Gajah diawal permainan berada diposisi petak Gc1 dan Gf1 untuk putih dan untuk hitam Gc8 dan Gf8.
  2. Gajah melangkah secara diagonal.
  3. Gajah Nilainya 3 sama dengan kuda yang artinya  jika terjadi pertukaran setara dengan 3 anak secara quantitas atau jumlah.
  4. Karena gajah termasuk salah satu perwira ringan gajah harus melangkah diawal permainan setelah anak dengan tujuan pengembangan buah secepatnya.
  5. Gajah berkaki panjang tapi sayangnya gajah tidak bisa berubah warna sepeti buah yang lainnya.  
  6. Pasangan yang cocok dengan gajah adalah benteng bukan menteri karena mentri berpasangan dengan kuda.
  7. Sepasang Gajah atau disebut 2 gajah secara posisi selevel dengan mentri.
  8. Secara posisi gajah lebih bagus perkembanganya dari kuda jika dalam posisi terbuka.
  9. Dalam keadaan tertutup gajah dinyatakan kurang baik perkembanganya di anjurkan untuk melakukan pertukaran yang setara misalnya denga kuda karena kuda dominan lebih baik dalam keadaan tertutup.
  10. Posisi yang baik gajah mengusai lebih dari 8 petak artinya gajah di posisi bebas.
  11. Dalam babak akhir 1 Raja putih + 1 Gajah putih Vs Raja Hitam dinyatakan Draw.    

Itulah prinsip-prinsip dasar dari gajah dalam permainan catur dan saya akan melengkapi di artikel berikutnya berikut gambar dan videonya posisi-posisi yang menguntungkan untuk gajah:

  1. Gajah dan Raja
  2. Sepasang Gajah
  3. Gajah dan Benteng
  4. Gajah dan Menteri
  5. Gajah dan Kuda
  6. Gajah dan Anak





LihatTutupKomentar