-->

Belajar Mengenal Prinsip Kuda Dalam Permainan Catur

https://juragandomba2.blogspot.co.id/2017/03/belajar-mengenal-prinsip-kuda-dalam.html

Mengenal Fungsi dan Karakter  Kuda

Buah Kuda dalam permainan olahraga catur termasuk kedalam kategori perwira ringan dengan kode "K" untuk bahasa Indonesia dan Nail untuk bahasa Asing dengan kode "N" kenapa disebut perwira ringan ?  dalam olah raga asah otak buah catur dibagi-bagi menjadi perwira berat dan perwira ringan yang dilengkapi raja dan anak dengan fungsi yang berbeda-beda pula.


Kuda termasuk perwira ringan sama dengan gajah mempunyai nilai point 3 artinya jika terjadi pertukaran kedua belah pihak sama-sama tidak dirugikan karena setara secara materi, sedangkan untuk perwira berat berada di buah menteri dan benteng. Sekarang saya akan melanjutkan fungsi dan prinsip kuda dalam olahraga permainan catur. 


 Prinsip Kuda Dalam Permainan Catur :
  1. Kuda di awal permainan berada di posisi Notasi Kb1 dan Kg1 untuk putih dan Untuk hitam berada pada posisi Notasi Kb8 dan Kg8. jika belum bisa membaca notasi catur silahkan baca ini Belajar Membaca Notasi Catur Dengan Mudah.
  2. Kuda melangkah secara L dan bisa melocati buah catur yang lain.
  3. Kuda mempunyai nilai point 3 sama halnya dengan gajah itu artinya jika terjadi pertukaran sama dengan 3 anak  karena nilai point anak = 1.
  4. Kuda bisa berubah warna tapi sayangnya kuda berkaki pendek, coba perhatikan langkah kuda jika kuda pada petak warna putih maka  langkah selanjutnya kearah posisi petak warna hitam dan dari warna hitam akan kembali kepetak warna putih dan begitu seterusnya. Sekarang coba anda simpan kuda di tengah papan catur jika posisi kuda berada di petak hitam maka penguasaan berada 8 petak putih secara L.
  5. Pasangan kuda yang cocok bersama menteri
  6. Dalam keadaan posisi tertutup kuda akan lebih bagus perkembanganya dari pada gajah dan jika keadaan terbuka segeralah tukarkan kuda dengan gajah karena gajah akan lebih baik perkembangan dari kuda. untuk lebih jelasnya tentang permainan gajah silahkan baca ini juga Prinsip Permainan Gajah Dalam Catur.
  7. Posisi yang paling baik untuk kuda berada di tengah dalam keadaan tidak teracam atau tidak terjadi pertukaran yang sebanding dengan penguasaan 8 petak secara L. 
  8. Dalam babak akhir posisi kuda tidak boleh dipinggir petak papan catur.
  9. Dalam babak akhir 1 Raja putih + 2 kuda putih Vs Raja Hitam dinyatakan Draw. jika ingin tahu tentang karakter raja dalam permainan catur saya sarankan baca yang ini Kupas Tuntas Prinsip Raja Dalam Permainan Catur.
sampai disini dulu artikel sederhana ini semoga bisa bermanfaat bagi para pembaca. salam catur gen una sumus



LihatTutupKomentar