-->

Berapa Waktu Tanam mesin Transplanter yang dibutuhkan dalam 1 hektar




 Transplanter adalah alat  tanam sistem pindah dengan jumlah kedalaman, jarak dan kondisi penanaman yang seragam, mesin ini dapat bekerja cepat, akurat dan stabil dengan tingkat kegagalan sekitar 1% dalam bentuk terbenam, tercabik dan terpotong. untuk menggunakan alat ini ada beberapa persyaratan secara teknis yaitu pengolahan tanah yang baik, teknik  Pengairan dan persemaian sistem dapok atau petak .   



Untuk kerja pengoprasian mesin ini dibagi dalam 2 cara :

1.    Dioperasikan dengan cara di tuntun.

Pada umumnya Mesin Canggih Pertanian ini yang dituntun memiliki 2 sampai 6 alur dengan jarak antar alur dibuat  tetap yaitu 30 cm dengan jarak antara bibit dalam alur dapat disesuaiakan anta 8-11 cm dan tinggi bibit 0-30 cm, memiliki 2-5 daun. Jumlah bibit yang ditancapkan pada setiap titik adalah 3-5.  
2.   Dioperasikan dengan cara dikendarai
Mesin yang dikendari memiliki alur yang lebih besar 4-12 tanam dalam sekali lintasan penanaman. Jarak antara alur dan tinggi bibit sama dengan cara dituntun.

Waktu tanam  yang dibutuhkan dalam 1 hektar?

Jika suatu mesin dengan kecepatan 200 hil permenit  per alur dengan dalam empat alur dan jarak antar alur 6 cm dan antar titik tanam 30 cm maka waktu yang dibutuhkan sekitar 5 jam dengan menghabiskan bahan bakar sekitar  5 liter. 
LihatTutupKomentar